Devinisi/Articles/Tentang Skripsi/Vidio/Musik

Minggu, 07 Agustus 2011

Pengertian Media

Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Association for Education dan Communication Technology (AECT, 1997) mendefinisikan bahwa media adalah segala bentuk yang digunakan untuk menyalurkan informasi. Sedangkan National Education Association (NEA) mendefinisikan media sebagai suatu benda yang dapat dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrumen yang dipergunakan dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar dan dapat mempengaruhi efektifitas program instruksional.
Para ahli pendidikan juga mendefinisikan media dengan beberapa diskripsi atau definisi yang berbeda-beda, diantaranya :
a.Menurut Anderson (1997) dalam bukunya yang berjudul pemilihan dan pengembangan media untuk pembelajaran, alat bantu pembelajaran (instructional media). Mendefinisikan media sebagai perlengkapan atau alat untuk membantu guru memperjelas materi yang akan disampaikan. Media pembelajaran (instructional media) didefinisikan sebagai sebuah media yang memungkinkan terjadinya interaksi antara karya seorang pengembang mata pelajaran dengan siswa.
b.Menurut Heinich dan Molenda (1993), media diartikan sebagai alat komunikasi yang membawa pesan dari sumber ke penerima.
c.Menurut Griggs (1970) mengemukakan bahwa media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang anak didik untuk belajar, contoh : buku, film, kaset, dan film bingkai.
d.Umar Hamalik, pakar pendidikan Indonesia menyatakan media adalah alat, metode dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interes antara guru dan anak didik dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
diposkan:mr.suprastyo@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar