Devinisi/Articles/Tentang Skripsi/Vidio/Musik

Minggu, 07 Agustus 2011

Pengertian Membaca

Membaca merupakan keterampilan bahasa tulis yang bersifat reseptif. Kegiatan membaca merupakan suatu kegiatan yang terpadu yang mencakup beberapa kegiatan seperti mengenali huruf dan kata-kata, menghubungkannya dengan bunyi maknanya serta menarik kesimpulan mengenai maksud bacaan.
Anderson (1985) memandang bahwa membaca merupakan suatu proses untuk memahami makna suatu tulisan. Proses yang dialami membaca dalam adalah berupa penyajian kembali dan penafsiran suatu kegiatan dimulai dari mengenali huruf, kata, ungkapan, frase, kalimat dan wacana serta menghubungkannya dengan bunyi dan maknanya. Bahkan labih jauh dari itu dalam kegiatan membaca, pembaca menghubungkannya denga maksud penulis berdasarkan pengalamannya.
Menurut Goodman dan Niles (1970), membaca adalah suatu proses yang sangat rumit dan perlu konsentrasi untuk mengetahui isi bacaan yang dibaca tersebut. Dalam proses ini, pembaca pada hakekatnya mengkonstruksikan amanat yang tersurat dan tersirat pada bahan bacaan yang dihadapi.
Sejalan dengan itu, Kridalaksana (1993:3) juga mengemukakan bahwa membaca adalah keterampilan menenal dan memahami tulisan dalam bentuk urutan lambing-lambang grafis dan perubahannya menjadi wicara bermakna dalam bentuk pemahaman diam-diam atau pengujaran keras-keras.
oleh suprastyo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar